6 Komponen yang Harus Di Cek saat Tune Up Mobil Injeksi

6 Komponen yang Harus Di Cek saat Tune Up Mobil Injeksi

Tune Up Mobil Injeksi – Seberapa penting sih tune up itu? Banyak para pengguna mobil yang bertanya-tanya hal tersebut. Tune up pada mobil injeksi sangat perlu sebagai upaya dalam menjaga performa mobil, terutama untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

Di Indonesia, mobil-mobil produksi di tahun terbaru kebanyakan menggunakan sistem injeksi. Nah, jika Anda ialah salah satu orang tidak memiliki waktu untuk pergi ke bengkel mobil dan melaksanakan tune up, Anda dapat melaksanakannya sendiri di rumah.

Tidak sembarang melaksanakannya di rumah, ada 6 bagian yang penting untuk Anda cek sebelum melaksanakan tune up mobil injeksi. Apa saja ya 6 bagian itu? Simak lebih lengkapnya di bawah ini!

tune up mobil injeksi

Baca juga : 3 Tanda Injeksi Mobil Rusak

1. Idle Speed Control (ISC)

ISC atau Idle Speed Control memiliki fungsi guna mengatur kecepatan idle mesin injeksi bahan bakar. Jika elemen ini kotor, jelas performa kendaraan Anda kemungkinan akan ada masalah. Jadi umumnya jika Anda melaksanakan tune up mobil injeksi di bengkel, para teknisi akan melaksanakan pengecekan di bagian ini.

Namun, ada beberapa mobil mesin injeksi yang tidak mendapat kelengkapan fitur ISC. Kecepatan idle pada mobil dengan teknologi terkini seperti TAC (Throttle Actuator Control) ISC diatur oleh katup throttle yang membuka dan menutup melalui motor listrik.

2. Filter Udara

Elemen yang harus mendapat pengecekan saat tune up pada mobil injeksi ialah filter udara. Apa fungsi dari filter udara? Filter udara punya fungsi untuk menyaring udara atau kotoran sehingga hanya udara bersih yang akan masuk ke mesin. Jika ternyata didapati bahwa ada debu dan kotoran yang menumpuk, itu berarti kerja filter udara kurang maksimal.

Lalu, bagaimana cara membersihkan filter udara? Anda dapat menggunakan air gun untuk membersihkannya. Namun jika tidak bisa membersihkannya cukup mengganti filter udara dengan yang baru.

3. Pembersihan ruang bakar

Biasanya ada banyak kerak di ruang bakar, bahkan jika Anda menggunakan oli dengan teknologi anti-residu. Oli hanya berguna agar kerak tidak cepat menumpuk, tetapi  lama kelamaan  akan menumpuk.

Adanya kerak ini tak lepas dari adanya campuran bensin dan udara atau penggunaan bahan bakar beroktan rendah. Selain itu, ada juga busi di ruang mesin ini yang perlu dibersihkan. Ketika Anda membersihkan busi tersebut, biasanya akan ada bagian kecil ini.

Lalu, bagaimana cara membersihakn ruang bakar? Caranya, gunakan cairan combustion cleaner dengan menyemprotkannya tanpa melepas kepala silinder. Dengan menggunakan ciran tersebut, kerak-kerak yang menempel di ruang bakar akan rontok seketika.

4. Throttle body

Throttle body akan dibersihkan dari kerak yang biasanya menempel pada klep. Meski mobil injeksi tidak menggunakan karburator,  masih ada klep gas, sehingga bagian klep gas ini juga perlu untuk dibersihkan dari kerak.

Adanya kerak yang muncul di throttle body dapat menyebabkan RPM menjadi tidak stabil. Lalu, bagaimana cara membersihkannya? Caranya ialah dengan melepas throttle body, bersihkan menggunakan carbon cleaner atau dapat juga menggunakan carb jet.

5. Elektrikal mobil

Bagian ke lima yang tidak kalah penting untuk dicek saat tune up ialah elektrikal mobil. Untuk melakukan pengecekan ini, tentu saja memerlukan alat scan khusus. Jika Anda berencana untuk mengeceknya sendiri di rumah, Anda perlu membeli alat scan yang cocok untuk mobil Anda.

Pengecekan elektrikal mobil ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sensor mobil, apakah ada yang rusak dan adakah komponen yang perlu mendapat penggantian. Scanning tersebut tidak hanya berlaku untuk mesin saja namun juga untuk body mobil.

6. Aki mobil

Bagian terakhir ialah aki mobil pada mobil mesin injeksi. Pada umumnya, aki yang digunakan pada mobil sistem injeksi ialah aki kering atau aki MF. Dengan menggunakan battery tester, kadar aki MF dapat terdeteksi. Dalam pengecekan tersebut, tegangan aki dan CCA juga dapat terlihat.

Jika Anda berniat untuk melakukannya di bengkel, umumnya mekanik akan mengecek kondisi aki mobil Anda. Jika aki sudah waktunya untuk diganti, mekanik akan menanyakannya dulu kepada Anda.

Itulah 6 bagian yang wajib di cek secara optimal saat tune up mobil injeksi. Memang, jika Anda melakukannya sendiri di rumah akan terasa lebih sulit dan membutuhkan banyak waktu. Pergilah ke bengkel terbaik agar tune up mobil Anda berjalan lancar dan terhindar dari kesalahan.

Jika Anda perlu jasa servis mobil injeksi di bengkel mobil terdekat, tak perlu bingung. OJC Auto Service pun hadir sebagai bengkel mobil profesional yang siap memberikan layanan servis mobil injeksi. Info lebih lanjut, hubungi kami dan dapatkan penawaran spesial dari tim kami.

1 Comment

  1. 7 Cara Memilih Bengkel Servis Mobil Berkualitas | OJC Auto Service
    April 13, 2022 Balas

    […] Baca juga : Tune Up Mobil Injeksi […]

Leave A Comment