Sering Terabaikan! Ini Tanda Mobil Harus Ganti Oli - OJC Auto Service

Tanda Mobil Harus Ganti Oli

Tanda Mobil Harus Ganti Oli – Mobil Anda sering mengalami kendala? Entah suara mesin mobil yang kasar atau tarikan terasa lambat? Tentu saja, itu indikasi jika oli mobil sudah waktunya untuk diganti. Namun, tahukah Anda? Ternyata tak hanya mesin kasar atau tarikan yang terasa lambat saja, ada banyak ciri oli mobil harus sesegera mungkin diganti. Apa saja itu?


tanda mobil harus ganti oli

Kapan oli mobil harus diganti? Tentu, pertanyaan yang acap kali muncul dari para pemilik mobil. Dalam prakteknya, ganti oli pada mobil memiliki masa tersendiri yang tak hanya terpaku pada masa pakai saja. Melainkan ada beberapa aspek yang jadi penentu kapan ke bengkel mobil untuk ganti oli.

Belum lagi, oli mobil terdiri dari dua jenis, yaitu oli mesin dan oli transmisi. Keduanya memiliki masa pakai berbeda yang tentunya akan berpengaruh pada periode penggantian oli yang berbeda.

Lalu, kapan waktu yang pas dan tepat untuk mengganti oli pada mobil? Apakah sesuai masa pakainya atau adakah faktor lain? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan lengkapnya berikut.

Tanda Oli Mesin Mobil Harus Diganti

Adapun tanda oli mesin harus diganti sangat dipengaruhi oleh beberapa aspek. Antara lain sebagai berikut :

Indikator Oli Mesin Mobil Menyala

Cek indikator pada bagian instrumen cluster atau speedometer. Jika icon wadah oli menyala itu jadi sinyal bahwa oli mesin sudah surut atau lebih tepatnya habis.

Segera datangi bengkel terpercaya Anda untuk penggantian oli mesin sebelum terlambat karena sangat berpengaruh pada proses pelumasan per komponen mesin.

Warna Oli Menghitam dan Encer

Warna oli mobil yang harus diganti biasanya akan mengalami perubahan ke pigmen hitam pekat. Kepekatan warna hitam pada oli tersebut sebagai akibat dari proses pelumasan mesin mobil yang begitu panas saat mesin beroperasi.

Dari hal tersebut, jelas bahwa fungsi oli mesin sangat penting sebagai pendingin komponen sekaligus mencegah gesekan kasar antar komponen. Sehingga, jika sudah mengalami perubahan warna, itu menjadi tanda jika perlu penggantian oli mesin.

Asap Knalpot Berwarna Hitam

Ciri lain yang mengisyaratkan tanda mobil harus ganti oli, tentu saja bisa Anda lihat dari bagaimana warna asap pada knalpot pada mobil.

Umumnya, warna asap knalpot yang mengindikasikan untuk segera mengganti oli akan tampak berwarna hitam pekat. Ini menjadi isyarat jika di dalam mesin terjadi pembakaran yang mulai kurang sempurna akibat dari menurunnya kualitas oli mesin.

Tarikan Mobil Terasa Berat

Lalu, ciri lain yang bisa jadi indikasi kuat jika mobil perlu mendapat penggantian oli mesin, bisa Anda ketahui dari tarikan mesin mobil.

Biasanya akselerasi yang terasa berat ini terjadi akibat gesekan antar komponen mesin terlalu kasar sebagai efek dari kinerja oli menurun dalam melumasi tiap komponen. Jadi, wajar jika tarikan mobil terasa berat.

Ciri Oli Transmisi Mobil Wajib Diganti

Selain itu, ada beberapa kriteria oli transmisi pada mobil harus segera mendapat penggantian dengan oli transmisi yang baru. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut :

Ada Hentakan Berat saat Perpindahan Gigi

Ciri pertama yang bisa jadi indikasi jika oli transmisi sudah tak layak pakai pada mobil terletak pada perpindahan gigi.

Jika saat perpindahan gigi terasa seperti ada hentakan yang begitu berat maka itu indikasi bila sektor transmisi mengalami kendala. Adanya gesekan saat perpindahan gigi tentunya akibat dari oli atau pelumas transmisi yang mengalami penurunan kualitas.

Dengan fakta tersebut, jelas Anda harus sesegera mungkin untuk melakukan penggantian oli transmisi pada mobil.

Muncul Suara Berdengung dari Sektor Transmisi

Di sisi lain, ciri yang menandakan jika oli transmisi sudah waktunya ganti bisa Anda ketahui dari munculnya suara dengungan pada bagian transmisi.

Mesin transmisi melalui komponen logamnya bekerja dengan pergesekan yang menggerakkan kendaraan. Jika pergesekan logam ini tidak mendapatkan pelumas transmisi maka menimbulkan bunyi yang kasar dari mesin kendaraan. Jadi jika sudah mendengar bunyi kasar dari mesin, maka sudah saatnya dilakukan penggantian oli transmisi itu sendiri.

Warna Oli Transmisi Berubah Hitam Pekat

Oli transmisi yang sudah tak layak pakai biasanya akan menunjukkan gejala dari warnanya yang berubah hitam pekat.

Strukturnya pun jauh lebih kental mengingat pelumasan pada transmisi sudah terjadi berulangkali dan terkena suhu panas. Maka, hal itu membuat komposisi atau unsur oli transmisi pun mengalami perubahan.

Mobil Sering Tak Kuat saat Menanjak

Selain itu, tanda lain jika oli mobil pada transmisi patut segera ganti, umumnya akan terasa saat mobil melewati jalan menanjak.

Oli transmisi yang sudah tak layak pakai akan berakibat pada kondisi mobil yang sulit dikendarai ketika melalui medan menanjak. Ini merupakan aspek yang terpicu oleh gesekan antar komponen transmisi yang terlalu berat karena pelumasan yang kurang.

Bagaimana? Tentu saja, dari penjelasan di atas, pentingnya ganti oli pada mobil, baik itu oli mesin maupun oli transmisi sangat berpengaruh pada performa mobil. Sehingga, Anda pun perlu memperhatikan aspek ini.

OJC Auto Service yang hadir sebagai bengkel mobil profesional dan terpercaya di area Jogja menawarkan layanan jasa servis mobil maupun ganti oli. Jadi, jika Anda sudah tahu tanda mobil harus ganti oli, pastinya Anda harus segera mungkin untuk menggantinya ke bengkel terpercaya.

Butuh info soal bengkel mobil terbaik di Jogja yang menawarkan servis mobil lengkap dan ganti oli? Hubungi tim OJC Auto Service.

1 Comment

  1. Sering Terabaikan! Ini Manfaat Servis Mobil Injeksi secara Rutin
    April 25, 2022 Balas

    […] karenanya, tak heran bila jenis servis berkala pada mobil injeksi ini akan mempertahankan kestabilan konsumsi BBM yang lebih hemat dan […]

Leave A Comment