Jenis Servis Mobil dan Biayanya. Cek Disini! - OJC Auto Service

Jenis Servis Mobil dan Biayanya. Cek Disini!

Jenis Servis Mobil – Ketika Anda memutuskan untuk memiliki kendaraan roda empat, tentu perihal utama yang perlu Anda pikirkan ialah biaya perawatannya. Jenis servis mobil dan biayanya sangat bervariasi, yang mana sangat wajib Anda ketahui ketika akan memiliki kendaraan roda empat ini.

Jenis servis mobil tersebut akan mendasarkan pada jumlah kilometer yang telah ditempuh oleh mobil Anda. Secara umum, semakin jauh kilometer yang Anda capai, tentu semakin tinggi pula biaya servisnya.

Selanjutnya, ketahui lebih lanjut terkait jenis-jenis servis mobil. Simak 5 jenis servis mobil beserta biayanya yang perlu Anda ketahui sebelum membawanya ke bengkel mobil.


jenis servis mobil

Baca juga : Memilih Bengkel Servis Mobil Berkualitas

Jenis Servis Mobil Berdasarkan Jenis Layanannya

Adapun kategori servis mobil memiliki beberapa tipe, tergantung dari jumlah hitungan per kilometernya. Berikut uraian lengkapnya :

1. Servis rutin setiap 1.000 km

Servis rutin 1.000 km umumnya bisa Anda lakukan ketika bulan pertama terhitung sejak Anda memiliki mobil tersebut. Selama perawatan setiap 1.000 km, komponen yang akan mendapat pemeriksaan ialah fungsi semua komponen internal, seperti komponen keamanan, komponen kemudi, AC, kelistrikan mobil, serta wiper kaca depan kendaraan unit utama.

Bukan hanya itu, selanjutnya mesin mobil Anda juga akan di cek. Apa saja pengecekan itu? Pengecekan itu termasuk pengecekan cairan pada mesin seperti air radiator, oli mesin, minyak rem, dan tegangan fan belt. Terakhir, akan dilakukan pengecekan sistem transmisi dan kopling, fungsi shock absorber, dan rem mobil juga diperiksa.

Lalu, banyak para konsumen mungkin termasuk Anda yang bertanya-tanya terkait biaya servis mobil setiap 1.000 km. Biaya yang dikeluarkan ialah gratis. Biasanya akan ada biaya servis setelah mobil Anda mencapai 60.000 km.

2. Servis rutin setiap 5.000 km

Selama penggunaan tiga hingga empat bulan, biasanya mobil sudah mencapai jarak tempuh 5.000 km. Ketika telah mencapai jarak tempuh tersebut, Anda harus melakukan servis secara berkala. Umumnya, ada beberapa komponen yang harus diganti demi keamanan kendaraan.

Di kilometer ini umumnya yang harus mendapat pergantian ialah oli mesin dan filter oli. Namun, untuk komponen yang hendak memasuki proses pengecekan, kurang lebih sama dengan servis berkala 1.000 km.  Tidak perlu ada biaya yang harus keluar untuk servis rutin 5.000 km.

3. Servis rutin setiap 10.000 km

Servis mobil berkala pada 10.000 km umumnya yaitu pada saat mobil Anda menggunakan mobil selama 6 bulan. Namun, bisa juga mana yang lebih dulu di capai, 10.000 km atau 6 bulannya. Jika salah satu telah tercapai, Anda langsung saja melakukan servis.

Selain itu, komponen yang perlu mendapat pengecekan hampir sama dengan servis rutin 1.000 km. Sekiranya yang akan diganti di antaranya adalah oli transmisi, oli mesin, filter oli, dan pengecekan dan pembersihan rem. Terakhir wajib dilakukan balancing, spooring dan rotasi ban menyilang. Biaya servis yang harus Anda keluarkan pada servis rutin 10.000 km adalah sekitar Rp. 400.000 – Rp. 600.000.

4. Servis rutin 15.000 km

Pada servis rutin 15.000 km akan merujuk pada beberapa penggantian komponen, yakni oli mesin, air radiator, fluida lainnya, serta pengecekan baut kolong dan suspensi. Biasanya pengecekan ini penerapannya pada kelipatan 25.000 km, 45.000 km, dan seterusnya. Lalu, berapa ya biaya yang harus Anda keluarkan untuk servis? Biaya yang harus Anda keluarkan untuk servis rutin ini berkisar Rp. 500.000.

5. Servis rutin 20.000 km

Nah, ketika mobil Anda telah menyentuh angka 1 tahun, umumnya kondisi tersebut menjadi indikasi bahwa mobil perlu mendapatkan servis secara berkala setiap 20.000 km. Pengecekan pada servis rutin ini ialah pembersihan filter udara, pembersihan throttle body, kalibrasi idle, pengecekan rem pada semua roda, pengecekan dan penyetelan klep, penggantian filter AC, busi hingga balancing spooring serta rotasi ban menyilang.

Bayaran yang hendak Anda keluarkan juga pastinya hendak lebih mahal. Tiap mobil hendak dibanderol dengan harga yang berbeda- beda. Namun pada umumnya biaya tersebut ialah Rp. 1.000.000 atau lebih. Buat sebagian merk mobil, pada servis rutin 20.000 kilometer masih memperoleh free dari pabrik.

Hanya saja, tidak sedikit merk mobil yang telah dikenakan biaya servis. Umumnya bayaran servis tersebut memiliki rentang dengan harga Rp. 700.000 ataupun lebih untuk penggantian bagian.

Itulah 5 jenis servis mobil dan biayanya yang harus Anda ketahui. Pastikan bahwa Anda selalu melakukan servis mobil secara berkala agar mobil Anda pun selalu terjaga keamanan dan kenyamanannya.

1 Comment

  1. Kisaran Biaya Servis Mobil berbagai Merk | OJC Auto Service
    April 10, 2022 Balas

    […] Baca juga : Jenis Servis Mobil dan Kisaran Biayanya […]

Leave A Comment